Susah Tidur Saat Hamil Perlu Diwaspadai?

No Comments Uncategorized
Salah satu penyebab susah tidur saat hamil adalah rasa cemas jelang persalinan

Anda sering mengalami susah tidur saat hamil? Perlu diketahui, ini adalah hal yang sangat umum terjadi pada wanita yang sedang hamil. Meski begitu, bukan berarti masalah insomnia boleh diabaikan begitu saja.

Tentunya akan ada dampak kesehatan yang Anda rasakan jika Anda terus-menerus kekurangan kualitas tidur. Dampak ini juga akan dirasakan oleh bayi di dalam kandungan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya masalah sulitnya untuk tidur ketika hamil tetap perlu diwaspadai.

Dampak susah tidur saat hamil bagi kehamilan

Memiliki kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan Anda serta bayi Anda. Jika kualitas tidur Anda buruk, maka dampak yang akan dirasakan berupa: 

  • Kelelahan dan mengantuk di siang hari

Jika pada malam hari Anda tidak mendapat tidur yang cukup, maka Anda akan lebih mudah merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Tentunya, saat merasa lelah dan mengantuk terus-menerus, Anda menjadi tidak produktif. 

  • Menurunkan kemampuan berpikir

Percaya atau tidak, waktu tidur yang kurang akan membuat Anda kehilangan kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan dengan baik. Anda akan mengalami penurunan kemampuan mengingat, serta suasana hati pun menjadi semakin buruk. 

  • Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Susah tidur saat hamil juga akan memberikan pengaruh yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Saat sistem kekebalan tubuh melemah, secara otomatis kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan pun ikut menurun. 

  • Meningkatkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah kondisi peningkatan kadar gula darah yang terjadi di masa kehamilan. Pada dasarnya, kualitas tidur yang baik akan membantu mengendalikan kadar gula darah. Tapi, jika Anda tidak mendapat tidur yang cukup, maka Anda semakin rentan terhadap peningkatan kadar gula darah dan mengalami diabetes gestasional.

  • Tekanan darah tinggi

Secara khusus, peningkatan tekanan darah akan terjadi jika Anda susah tidur saat hamil di usia trimester ketiga. Tekanan darah tinggi yang sangat parah akan membuat Anda mengalami preeklamsia, yaitu kondisi yang bisa memaksa Anda untuk melakukan persalinan secara prematur dan mengalami komplikasi gagal ginjal dan kerusakan jantung.

Mengatasi kesulitan tidur saat hamil

Agar Anda terhindar dari dampak-dampak negatif insomnia saat hamil, lakukan hal-hal berikut untuk mengatasi gangguan tidur Anda: 

  • Banyak minum air

Mengonsumsi banyak air akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Tapi, di satu sisi, saat hamil Anda jadi lebih sering buang air kecil. Hindari hal ini dengan tidak meminum banyak air ketika sudah lewat jam tujuh malam. 

  • Olahraga

Penting bagi Anda untuk tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik saat hamil. Olahraga teratur di pagi atau siang hari bisa membantu mengatasi susah tidur saat hamil. Lakukanlah gerakan olahraga yang aman untuk wanita hamil, seperti yoga, renang khusus ibu hamil, dan lain sebagainya. 

  • Tidak menggunakan gadget menjelang waktu tidur

Hentikan penggunaan gadget setidaknya satu jam menjelang waktu tidur. Sinar dari layar LCD gadget bisa mempengaruhi saraf otak Anda, membuat Anda sulit untuk tidur dengan cepat. 

  • Cari distraksi

Mungkin Anda sudah mencoba untuk berbaring, tapi tetap tidak bisa tertidur. Jika demikian, carilah distraksi yang kira-kira bisa membuat Anda rileks, misalnya dengan membaca buku.

Susah tidur saat hamil memang akan sangat mengganggu. Jangan biarkan kondisi ini membuat kualitas tidur dan kesehatan Anda menurun. Sebisa mungkin terapkan pola hidup yang sehat setiap harinya agar kualitas tidur Anda tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *