Simak Ragam Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Pemeriksaan Kesehatan

No Comments Uncategorized

Pemeriksaan kesehatan atau yang biasa disebut dengan Medical Check Up (MCU) merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Langkah ini juga dilakukan sebagai salah satu cara pencegahan dan tindakan antisipasi penyakit yang bisa datang sewaktu-waktu. Bagi Anda yang hendak atau ingin melakukan pemeriksaan kesehatan, pastikan tubuh tetap dalam keadaan fit, sehat, dan benar-benar siap untuk diperiksa. Beberapa hal berikut dapat Anda lakukan untuk membantu mempersiapkan tubuh menjadi lebih siap saat melakukan pemeriksaan kesehatan: 

  • Tidur minimal 6 jam

Kurang tidur mampu menyebabkan hasil pemeriksaan kesehatan menjadi tidak normal seperti biasanya mulai dari tekanan darah, detak jantung, serta suhu tubuh. Untuk itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan tidur 7-9 jam (orang dewasa) saat hendak melakukan pemeriksaan kesehatan. 

  • Ikuti seluruh instruksi berpuasa

Jika disarankan untuk berpuasa sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, maka Anda harus mengikutinya dengan baik dan benar. Puasa dinilai dapat membuat hasil test menjadi lebih akurat. Sebelum pemeriksaan kesehatan dilakukan, pasien akan berpuasa 8-10 jam untuk melakukannya.

  • Tidak minum alkohol

Hentikan penggunaan alkohol jika Anda ingin melakukan pemeriksaan kesehatan yang lebih baik serta lebih rinci. Alkohol mampu bertahan dalam tubuh bahkan setelah beberapa hari penggunaan yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan.

  • Beritahu seluruh riwayat penyakit yang diderita 

Jika memiliki riwayat penyakit kronis, bawa bukti diagnosa atau hasil test penyakit yang diderita dan agar dokter tahu keseluruhan diagnosa penyakit di masa lalu. 

  • Tanyakan pada dokter mengenai obat rutin yang Anda minum

Bila Anda mengkonsumsi obat-obatan resep secara rutin, tanyakan pada dokter apakah mungkin untuk menunda obat hingga pemeriksaan selesai. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya resiko yang mungkin terjadi akibat pengurangan dosis obat. 

  • Pakai pakaian yang nyaman

Usahakan untuk mengenakan pakaian yang nyaman saat Anda melakukan pemeriksaan kesehatan. Hindari juga penggunaan makeup beserta perhiasan seperti aksesoris agar dapat lebih nyaman diperiksa oleh dokter

  • Bagi wanita, beritahu dokter jika Anda sedang dalam masa menstruasi 

Beberapa pemeriksaan seperti tes urin, feses, serta papsmear tidak bisa dilakukan saat Anda sedang mengalami masa menstruasi. Untuk itu, pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan 7 hari sebelum atau sesudah menstruasi.

Prosedur pemeriksaan kesehatan:

  1. Pemeriksaan umum

Pada tahap awal, Dokter atau petugas medis akan memulai dengan serangkaian pemeriksaan riwayat kesehatan pasien. Mulai dari menanyakan gejala atau penyakit yang diderita pasien, gaya hidup, serta jenis makanan, minuman serta obat-obatan maupun suplemen dan vitamin yang rutin dikonsumsi. Kemudian ditanyakan pula riwayat penyakit medis yang pernah diderita atau dialami oleh keluarga.

  1. Pemeriksaan tekanan darah 

Pemeriksaan tekanan darah dilakukan menggunakan alat khusus sphygmomanometer. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengukur tekanan di pembuluh darah saat jantung berdenyut.  

3. Pemeriksaan suhu tubuh 

Pada tahap ini, pasien akan diukur suhu tubuhnya menggunakan alat pengukur suhu. Jika suhu tubuh berada di kisaran 36,1-37,2 derajat celcius, dapat dikatakan suhu tubuh pasien normal. 

5. Pengecekan detak jantung

Orang dewasa hingga manula setidaknya berkisar di 60-100 denyut per menit (BPM) untuk dikatakan normal.

6. Pengecekan laju pernapasan

Hal ini bertujuan untuk mengukur intensitas pasien dalam bernapas dalam satu menit. Jika jumlah napas 12-16 kali permenit maka dapat dikatakan laju pernapasannya normal. 

6. Pemeriksaan penunjang

Setelah sudah melewati beberapa tahapan pemeriksaan sebelumnya, dilakukan pemeriksaan laboratorium seperti foto rontgen dan USG, elektrokardiografi, ataupun rekam jantung untuk melihat kondisi pasien secara lebih rinci. 

Salah satu Klinik yang bisa Anda jadikan pilihan untuk memeriksakan kesehatan adalah Klinik Taman Anggrek. Klinik ini menawarkan berbagai layanan kesehatan mulai dari dari Pelayanan Laboratorium Prodia untuk memeriksakan kesehatan secara keseluruhan, Pelayanan Apotek Roxy, Pelayanan alat bantu dengar, hingga Pelayanan bidang jejaring. Tak hanya itu, terdapat pula Pelayanan dokter umum dan gigi, Tes golongan darah, Tes tekanan darah, hingga Tes kolesterol yang dapat semakin memudahkan Anda memeriksakan kesehatan Anda serta keluarga secara keseluruhan, Anda bisa langsung mengunjungi Klinik Taman Anggrek di Jalan  Let. Jend. S. Parman Kav 21, Taman Anggrek, Jakarta Barat pada hari Senin – Minggu 10.00 – 12.00 | 14.00 – 17.00, atau lakukan reservasi terlebih dahulu di nomor (021)-5609432 dan 081-1898-19666. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *