Mengenal Apa Itu Medical Check Up dan Jenis-Jenis Pemeriksaannya

No Comments Uncategorized

Mengenal apa itu medical check up dan jenis-jenis pemeriksaannya. Apakah Anda mengetahui apa itu medical check up? Apa Anda belum tahu kalau melakukan medical check up tidak perlu menunggu sakit terlebih dahulu?

Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dengan melakukan serangkaian uji kesehatan.

Medical check up memiliki fungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini, mendeteksi potensi penyakit, hingga mengantisipasi dan mempersiapkan metode pengobatan tertentu.

Oleh karena itu, seharusnya medical check up dianggap penting. Idealnya, medical check up dilakukan secara rutin, setidaknya setahun sekali, untuk memantau kondisi kesehatan Anda.

Jenis Pemeriksaan dalam Medical Check Up

Medical check up memiliki beberapa serangkaian uji tes kesehatan. Tidak ada runutan baku dalam melakukan tes pemeriksaan. Umumnya, ada cek riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital, hingga pemeriksaan fisik. 

Dalam serangkaian tes tersebut, ada beberapa jenis pemeriksaan dalam medical check up. 

1. Cek Fungsi Jantung Ekokardiografi

Ekokardiografi merupakan salah satu tes yang berfungsi untuk mengamati  semua kondisi jantung. 

Tes ini menggunakan suatu alat khusus yang bekerja dengan mengeluarkan gelombang suara ultrasonik, sehingga menghasilkan gambar yang menunjukan kondisi jantung, termasuk struktur dan fungsinya.

2. Pemeriksaan Radiologi

Jenis pemeriksaan ini bisa memberikan informasi mengenai kondisi-kondisi seperti kanker, tumor, hati, ginjal, kondisi pembuluh darah, saluran reproduksi, jantung, stroke, kelainan paru-paru, gangguan pada tulang atau sendi, dan masih banyak lagi.

Pemeriksaan radiologi menggunakan sinar X untuk memberikan informasi mengenai suatu penyakit.

3. Pemeriksaan Laboratorium

Jenis pemeriksaan ini memberikan pilihan pemeriksaan seperti pemeriksaan hematologi, pemeriksaan sampel darah, pemeriksaan urine, dan pemeriksaan tinja.

Hal ini dilakukan untuk melihat jumlah sel darah, gula darah, atau zat kimia untuk melihat kondisi fungsi organ.

4, Pemeriksaan Kolesterol

Anda bisa mengetahui hasil medis dari kebiasaan Anda mengonsumsi makanan, khususnya makanan kaya lemak yang dapat membuat naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Anda bisa memeriksakan hal ini melalui pemeriksaan kolesterol. Dengan pemeriksaan ini, Anda bisa mengantisipasi masalah kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke.

5. Pemeriksaan Gula Darah

Memeriksa gula darah sangat penting agar Anda terhindar dari diabetes. Dalam melakukan pemeriksaan ini, biasanya Anda akan diminta untuk berpuasa terlebih dahulu, minimal 8 jam sebelumnya.

6. Pemeriksaan Fungsi Hati

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi dan memantau perkembangan penyakit liver. Selain itu, uji fungsi hati dapat menilai efektivitas dan memantau efek samping pengobatan, serta memeriksa seberapa parah kerusakan pada hati.

Pemeriksaan ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang kecanduan alkohol, obesitas, mengonsumsi obat-obatan yang bisa merusak hati, mengalami anemia, dan mengidap penyakit kandung empedu,

7. Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Pemeriksaan memiliki empat jenis tes. Mulai dari Ureum, tes urine, kreatinin darah, dan laju glomerulus. Tes ini akan memberi tahu kondisi ginjal Anda secara keseluruhan.

8. Pemeriksaan Pencitraan

Contoh pemeriksaan ini yaitu seperti USG atau foto rontgen yang berfungsi untuk melihat kondisi organ dalam Anda. Melalui tes ini, Anda bisa memeriksa kondisi paru-paru, hati, pankreas, ginjal, prostat, hingga rahim.

9. Pap Smear

Pemeriksaan ini penting bagi wanita. Melalui pemeriksaan ini, Anda dapat mendeteksi kanker serviks lebih dini sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan lebih cepat.

Demikian informasi untuk mengenal apa itu medical check up dan jenis-jenis pemeriksaanya. Melalui serangkaian pemeriksaan ini, Anda bisa mendeteksi penyakit dan mempersiapkan pengobatan sedini mungkin agar semakin mudah diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *