Manfaat Tes Alergi di Klinik Prodia Surabaya

No Comments Uncategorized

Banyak orang tidak mengetahui kalau mereka memiliki alergi sampai gejala menyerang. Padahal saat ini tes alergi bisa dengan mudah dilakukan, seperti di Klinik Prodia Surabaya.

Reaksi alergi yang parah bisa menimbulkan berbagai gejala ketidaknyamanan. Bahkan jika terjadi pembengkakan di tenggorokan, ini bisa berbahaya karena menyumbat pernapasan.

Tes alergi penting untuk bisa mencegah kejadian tak diinginkan terjadi di masa depan. Lalu bagaimana sih tahapan melakukan tes alergi? Ungkap jawabannya pada ulasan di bawah ini ya!

Mengenal tes alergi

Tes alergi adalah metode yang dilakukan oleh tenaga medis profesional untuk mengetahui apakah tubuh kamu memiliki reaksi alergi terhadap zat tertentu. 

Zat yang dapat memicu reaksi alergi disebut dengan alergen. Saat alergen masuk ke tubuh, sistem imun sebagai pertahanan alami akan bereaksi.

Reaksi berlebihan ini dapat menyebabkan berbagai gejala mulai dari pilek, bersin, sinus tersumbat, hingga mata gatal dan berair.

Tes alergi dapat menentukan serbuk sari, jamur, atau zat lain yang membuat kamu alergi. Hasil dari pengujian ini dapat membantu dokter menentukan obat untuk mengatasi alergi kamu. Atau, agar kamu menghindari pemicu alergi agar reaksi berbahaya tidak terjadi.

Jenis-jenis tes alergi

Untuk mengetahui apa zat yang mungkin menjadi alergen pada tubuh kamu, dokter dapat merekomendasikan beberapa jenis tes. Diantaranya:

1. Skin prick 

Metode ini adalah yang paling umum dan paling sering digunakan. Tes ini lebih sering digunakan karena aspek kepraktisannya.

Skin prick testing lebih mudah dilakukan, lebih murah, dan hasilnya lebih akurat. Metode ini dilakukan dengan cara meneteskan berbagai jenis cairan (alergen) yang mungkin menimbulkan alergi ke kulit di area lengan kamu.

Kulit yang ditetesi cairan tersebut kemudian ditusuk dengan lembut. Jika ternyata kamu alergi terhadap zat tersebut, benjolan merah yang gatal akan muncul dalam waktu 15 menit.

Tes ini juga cenderung minim rasa sakit dan sangatlah aman. Jika ingin melakukan tes ini kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi obat antihistamin.

2. Tes darah

Selain metode pengujian di kulit, tes darah juga jadi salah satu metode tes alergi yang umum dilakukan. Metode ini bisa jadi pengganti, atau juga pelengkap tes kulit kamu.

Jika memilih menggunakan metode ini maka dokter akan mengambil sampel darah dan mengujinya di laboratorium.

Dokter akan menganalisis antibodi spesifik yang diproduksi oleh sistem imun tubuh kamu sebagai respons terhadap alergen tertentu.

3. Tes uji coba

Pada beberapa kasus, tes uji coba juga bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kamu alergi terhadap makanan tertentu.

Saat tes kamu akan diberi makanan yang menurut kamu menyebabkan alergi, dan dokter akan mengawasi setiap reaksi yang timbul.

Tes ini cenderung lebih berisiko daripada bentuk pengujian lainnya. Sebab, reaksi yang parah yang dapat terjadi. Namun ini adalah cara paling akurat untuk mendiagnosis alergi makanan.

Tes alergi di klinik Prodia Surabaya

Jika kamu pernah mengalami reaksi alergi, hidup di keluarga yang punya riwayat alergi, maka disarankan untuk melakukan tes alergi.

Hal ini untuk mengetahui secara pasti sebenarnya tubuh kamu alergi terhadap zat apa. Dengan begitu kamu bisa menghindari alergi dengan menjauhi pemicunya.

Pun apabila reaksi alergi terjadi, kamu sudah tahu jenis obat apa yang kamu butuhkan. Nah kamu bisa melakukan tes alergi di klinik Prodia yang tersebar di berbagai daerah termasuk Klinik Prodia Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *