Manfaat Ekstrak Daun Kelor untuk Kecantikan Kulit

No Comments Uncategorized

Ekstrak daun kelor memiliki banyak sekali nutrisi dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tak hanya kesehatan tubuh secara keseluruhan, tapi juga kesehatan kulit.

Tanaman ini memang dikenal sebagai super food yang artinya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Tak heran juga kalau di luar negeri tanaman daun kelor terkenal dengan sebutan “miracle tree”.

Kenapa sih daun kelor bisa sangat powerfull bahkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Mari simak pembahasan lengkapnya pada artikel di bawah ini ya!

Mengenal daun kelor

Daun kelor atau moringa oleifera adalah tanaman yang kerap dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Bagian daun, biji, bunga, hingga akarnya kerap diolah untuk bantu mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Saat ini ekstrak dari tanaman ini bisa dengan mudah kita temukan di berbagai toko obat atau apotek. Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi dalam tanaman ini membuatnya populer untuk pengobatan.

Secara tradisional ekstrak moringa oleifera kerap digunakan dalam pengobatan diabetes, peradangan, infeksi, rematik, penyakit jantung, kanker, dan lain-lain.

Manfaat ekstrak daun kelor untuk kulit

Daun kelor kerap diolah menjadi kapsul atau bubuk suplemen dan juga minyak yang biasanya dimasukkan ke dalam berbagai produk skincare.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh daun kelor dalam menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit kamu:

1. Cegah penuaan dini

Daun kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan sangat penting untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini bisa terjadi karena kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Setiap hari kulit kita mendapatkan paparan yang merusak sel kulit. Mulai dari debu, sinar matahari, asap kendaraan, hingga radiasi dari layar gadget. 

Paparan radikal bebas ini menyebabkan munculnya kerutan, garis halus, dan keriput. Kandungan antioksidan dalam daun kelor bisa memperlambat proses ini.

2. Bantu atasi jerawat 

Kandungan ekstrak daun kelor yang memiliki sifat anti bakteri sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki jenis kulit acne prone.

Kandungan antioksidan di dalam moringa oleifera juga bisa meringankan proses biologis di balik jerawat dan kondisi kulit lainnya. Tak hanya itu, konsumsi daun kelor juga bisa bantu cegah jerawat muncul lagi.

Konsumsi suplemen daun kelor dapat membantu tubuh memurnikan darah dan mengeluarkan racun dari tubuh. Akumulasi racun penyebab jerawat bisa dibuang, dan itu membuat kulit lebih bersih.

3. Tingkatkan produksi kolagen

Daun kelor mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C sendiri merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pembentukan kolagen secara alami.

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan produksi kolagen serta meningkatkan pergantian sel kulit.

Kolagen sendiri sangat penting untuk menjaga tekstur, kekenyalan, dan kekencangan kulit kamu.

4. Kurangi peradangan atau kemerahan

Tak harang, wajah memiliki flek kemerahan atau jerawat yang meradang. Kandungan anti inflamasi dalam daun kelor dapat bantu mengelola gejala ini.

Selain itu, daun kelor juga mungkin bisa bantu cegah dan percepat penyembuhan luka yang terjadi pasca terjadinya jerawat.

Tak hanya kulit wajah, kemampuan penyembuhan luka ini juga bisa berperan penting saat terjadi lecet, bekas luka memar, infeksi kulit, dan lain-lain.

Nah itu dia berbagai manfaat dari ekstrak daun kelor untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit kamu. Apakah kamu tertarik untuk mulai mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *