Ketahui Manfaat Probiotik yang Merupakan Kandungan Lacidofil Kapsul

No Comments Obat

Probiotik adalah sekumpulan bakteri hidup yang baik yang secara alami hidup di dalam tubuh. Tubuh selalu memiliki bakteri baik dan jahat. Saat tubuh terkena infeksi, ada lebih banyak bakteri jahat, yang membuat sistem pada tubuh menjadi tidak seimbang. Bakteri baik membantu menghilangkan bakteri jahat ekstra, serta mengembalikan keseimbangan. Suplemen yang mengandung probiotik seperti Lacidofil Kapsul adalah cara untuk menambahkan bakteri baik ke tubuh Anda.

Probiotik kerap dianggap bermanfaat membantu memulihkan keseimbangan alami bakteri di usus (termasuk perut dan usus) ketika terganggu oleh penyakit atau pengobatan. Ada beberapa bukti bahwa probiotik dapat membantu penyembuhan penyakit dalam beberapa kasus, seperti membantu mencegah diare saat mengonsumsi antibiotik, dan membantu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Manfaat Probiotik

Tidak semua probiotik memiliki efek yang sama, karena strain yang berbeda dari bakteri memiliki efek yang berbeda. Misalnya, satu strain dapat melawan organisme penyebab rongga di mulut dan tidak perlu bertahan hidup melalui perjalanan melalui usus kita.

Akan tetapi, ada beberapa manfaat menjanjikan dari probiotik, seperti berikut ini.

Probiotik dan Kesehatan Usus

Probiotik diketahui memiliki manfaat pada sistem pencernaan. Probiotik dapat mencegah diare, dan sindrom iritasi usus. Selain itu, probiotik dapat memperlambat “waktu transit usus” sebesar 12,4 jam, meningkatkan jumlah buang air besar mingguan sebesar 1,3, dan membantu melunakkan tinja. 

Terapi menggunakan probiotik juga dapat membantu orang yang mengalami penyakit Crohn dan sindrom iritasi usus besar. Hasil uji klinis beragam, tetapi beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa probiotik tertentu dapat membantu mempertahankan remisi kolitis ulserativa dan mencegah penyakit Crohn kambuh dan kambuhnya pouchitis (komplikasi pembedahan untuk mengobati kolitis ulserativa). 

Probiotik dan Kesehatan Vagina

Probiotik dapat digunakan dalam menjaga kesehatan urogenital. Seperti saluran usus, vagina adalah ekosistem yang sangat seimbang.  Strain Lactobacilli yang dominan pada umumnya dapat memicu kondisi yang terlalu asam bagi mikroorganisme berbahaya untuk bertahan hidup. Akan tetapi sistem tersebut dapat menjadi tidak seimbang karena pengaruh sejumlah faktor, termasuk antibiotik, spermisida, dan pil KB. Perawatan atau pengobatan dengan menggunakan probiotik berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan mikroflora sehingga dapat membantu untuk masalah urogenital wanita umum seperti vaginosis bakteri, infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

Banyak wanita mengonsumsi yogurt untuk mengobati infeksi jamur yang berulang. Pemberian Lactobacilli secara oral diketahui dapat membantu dalam pengobatan vaginosis bakterial, meskipun belum ada cukup bukti untuk merekomendasikannya dibandingkan pendekatan konvensional. 

Probiotik umumnya dianggap aman, karena sebetulnya mereka sudah ada dalam sistem pencernaan normal, meskipun ada risiko teoretis untuk orang dengan gangguan fungsi kekebalan. Pastikan bahan-bahan pada probiotik ditandai dengan jelas pada label dan tidak asing bagi Anda atau penyedia layanan kesehatan Anda. 

Selain melalui makanan dan minuman sehari-hari, Anda juga bisa memperoleh manfaat probiotik melalui suplemen seperti Lacidofil Kapsul. Lacidofil Kapsul merupakan suplemen yang berfungsi sebagai probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengobati diare, mengatasi sulit buang air besar pada anak hingga orang dewasa. Suplemen Lacidofil Kapsul memiliki kandungan berupa Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus yang dapat encegah luka pada lambung, mengurangi gejala maag seperti mual dan muntah, bahkan meredakan perut kembung. Penggunaan probiotik pada anak sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dokter agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi Lacidofil Kapsul. Anda bisa membelinya dengan harga Rp6.279 untuk kemasan 1 botol isi 10 kapsul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *