Jangan Khawatir, Atasi Bau Mulut dan Nafas Tidak Segar dengan Betadine Obat Kumur

Bau mulut dan nafas tidak segar kerap kali mengurangi rasa percaya diri seseorang. Banyak orang menganggap bau mulut adalah sesuatu yang memalukan dan harus dihindari. Jika mengalami hal ini, Anda harus segera mencari cara mengatasinya mulai dari mengubah gaya hidup hingga menggunakan antiseptik seperti betadine obat kumur.

Sebelum mengetahui cara mengatasi bau mulut dan nafas tidak segar, Anda wajib mengetahui apa saja penyebab dari kondisi ini terlebih dahulu. 

Penyebab Bau Mulut dan Nafas Tidak Segar

Pada dunia medis, bau mulut disebut dengan halitosis. Selain membuat Anda tidak percaya diri, orang-orang disekitar juga mungkin akan merasa terganggu dan tidak nyaman. Beberapa penyebab dari bau mulut dan napas tidak segar, diantaranya:

  1. Makanan

Beberapa jenis makanan tertentu dapat membuat nafas menjadi bau, yaitu seperti bawang putih, jengkol, petai, dan jenis makanan lainnya yang berbau kuat. 

Anda bisa mengalami bau mulut setelah mengonsumsi makanan tersebut. Hal ini dikarenakan partikel makanan di dalam mulut akan pecah di sekitar gigi sehingga dapat meningkatkan bakteri. Jika terdapat banyak bakteri di dalam mulut akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Bakteri pada lidah

Salah satu sumber utama penyebab bau mulut adalah bakteri pada lidah yang berasal dari sisa makanan dan protein dalam air liur. Bagian lidah seringkali terabaikan, maka dari itu Anda harus memperhatikan kesehatan tiap bagian di dalam mulut.

  1. Merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok dapat merusak kesehatan. Asap rokok yang tertinggal di dalam mulut juga dapat membuat mulut berbau dan napas tidak segar. Selain itu, para perokok umumnya lebih rentan menderita penyakit gusi atau masalah mulut lainnya.

  1. Produksi asam lambung berlebih

Penyakit GERD atau asam lambung dapat menyebabkan penderitanya mengalami bau mulut. Hal ini dikarenakan asam lambung naik ke tenggorokan yang kemudian menyebabkan bau asam pada mulut. Bau asam ini akan membuat tidak nyaman, baik bagi penderitanya atau bagi orang sekitar.

  1. Mulut kering

Mulut kering atau disebut juga dengan xerostomia juga menjadi penyebab bau mulut. Air liur di dalam mulut memiliki fungsi untuk membersihkan dan menghilangkan partikel penyebab bau tidak sedap. Maka dari itu, jika Anda mengalami mulut kering juga dapat meningkatkan risiko bau mulut dan nafas tidak segar.

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Nafas Tidak Segar

Mencegah dan mengatasi bau mulut adalah hal yang wajib dilakukan agar Anda tetap nyaman dan merasa percaya diri. Beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi bau mulut, diantaranya:

  • Bersihkan gigi dan lidah

Menyikat gigi adalah hal yang biasa dilakukan, namun membersihkan lidah juga tidak kalah pentingnya. Bakteri mulut bisa menempel dan tumbuh berlipat pada gigi dan lidah. Anda bisa membersihkan lidah dengan pembersih khusus untuk mengatasi masalah ini.

  • Lakukan flossing

Sikat gigi bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan dan bakteri di dalam mulut. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sangat susah dibersihkan hanya menggunakan sikat. Maka dari itu, Anda bisa membersihkannya dengan melakukan flossing.

Flossing bertujuan untuk memastikan gigi benar-benar bersih dan tidak ada sisa-sisa makanan yang menjadi penyebab bakteri tertinggal.

  • Menggunakan obat kumur antiseptik

Untuk memastikan bahwa mulut bebas dari bau yang tidak enak dan nafas menjadi segar, Anda bisa menggunakan antiseptik seperti Betadine Obat Kumur.

Tidak hanya bau mulut, Betadine Obat Kumur juga dapat mengatasi masalah lainnya seperti sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan sariawan.

Kandungan dan Aturan Pakai Betadine Obat Kumur

Kandungan yang terdapat dalam Betadine Obat Kumur adalah Povidone iodine yang berfungsi sebagai antiseptik untuk membersihkan dan membunuh bakteri atau jamur. Povidone iodine mampu merusak sel kuman dan bakteri hingga menjadi tidak aktif atau mati.

Anda bisa menggunakan obat kumur ini dengan dosis 15 mL sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Ada beberapa kondisi yang perlu perhatian khusus saat menggunakan Betadine Obat Kumur, yaitu:

  • Penderita luka serius termasuk luka bakar
  • Gangguan ginjal
  • Anak-anak
  • Ibu hamil dan menyusui

Untuk menjaga kualitas Betadine Obat Kumur, Anda bisa menyimpannya pada ruangan yang kering dengan suhu 25 derajat Celcius. Anda harus menggunakannya sesuai dengan petunjuk pada kemasan dan apabila menggunakannya lebih dari 7 hari, maka Anda perlu izin dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *