Ketahui Seberapa Penting Fungsi Protein Bagi Tubuh

Ketahui Seberapa Penting Fungsi Protein Bagi Tubuh

Protein dibutuhkan untuk membangun otot. Tetapi yang harus Anda ketahui yaitu, meskipun protein adalah makronutrien yang penting untuk membangun kekuatan otot, fungsi protein bagi tubuh tidak terbatas hanya pada fungsi itu. Protein sebenarnya ada di setiap triliunan sel dalam tubuh Anda dan setiap jenis dari 1 juta  protein yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda untuk dijalankan. Berikut adalah manfaat utama yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi makanan kaya protein.

Membangun sistem kekebalan yang kuat: Semua antibodi (imunoglobulin) yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap antigen asing yang masuk ke tubuh Anda hanyalah protein yang terlibat dalam pola yang berbeda. Tanpa mereka mekanisme pertahanan tubuh Anda tidak dapat berfungsi sama sekali. Mereka menjauhkan Anda dari infeksi, penyakit dan bertanggung jawab untuk membantu tubuh pulih dari penyakit.

Membantu menjaga berat badan yang sehat: Meskipun diperlukan untuk membangun massa otot, diet kaya protein memastikan penambahan berat badan yang sehat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard School of Public Health, mereka yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat mengatur berat badan mereka lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berdiet rendah protein.

Diperlukan untuk penyembuhan luka: Semua antikoagulan yang dialirkan ke tempat luka dan luka yang Anda derita hanyalah molekul protein. Jenis protein ini terutama membantu perbaikan jaringan dan pertumbuhan kembali. Jika tubuh Anda kekurangan asam amino esensial yang membentuk protein ini, penyembuhan luka dan cedera akan memakan waktu lebih lama, meningkatkan kemungkinan infeksi.

Makanan kaya protein meningkatkan rasa kenyang dan membuat Anda kenyang lebih lama. Ini juga membantu membangun massa tanpa lemak, yang sangat penting untuk penurunan berat badan yang sehat. 

Apa yang terjadi di tubuh Anda ketika Anda makan protein?

Ini tidak seperti Anda makan sepotong ayam dan protein itu langsung masuk ke bisep Anda. Protein makanan di pecah dan disusun kembali menjadi berbagai jenis protein yang ada di dalam tubuh. Tidak peduli jenis protein apa yang Anda makan sayuran atau hewani, lengkap atau tidak lengkap tujuan pertama tubuh Anda adalah memecahnya kembali menjadi semua unit asam amino yang berbeda.

Kemudian asam amino tunggal kecil itu dikonfigurasi ulang (oleh hati) menjadi jenis protein apa pun yang dibutuhkan tubuh Anda. Misalnya, beberapa protein dalam tubuh membentuk antibodi yang membantu sistem kekebalan melawan bakteri dan virus. Lainnya membantu dengan sintesis DNA, reaksi kimia, atau mengangkut molekul lain, National Institute of General Medical Sciences menjelaskan.

Fungsi protein bagi tubuh Anda tidak dapat menyimpan kelebihan protein, itu akan memecah protein apapun yang tidak dibutuhkan segera dan biasanya menyimpannya di jaringan lemak (sebagai trigliserida). Jarang, jika tubuh Anda dalam keadaan puasa atau tidak mendapatkan cukup kalori yang berasal dari makronutrien lain, protein yang dipecah dapat diubah menjadi glukosa dan digunakan untuk bahan bakar darurat. Tapi ini tidak khas, karena tubuh lebih memilih karbohidrat sebagai sumber energi utamanya. 

Apa itu Protein Lengkap?

“Protein lengkap” tentu terdengar seperti sesuatu yang harus kita dapatkan lebih banyak dalam makanan kita. Tapi tahukah Anda apa itu protein lengkap? Sederhananya, jumlah dan jenis asam amino dalam protein yang membuatnya lengkap atau tidak lengkap.

Protein sebenarnya terdiri dari asam amino. Ada 20 asam amino yang menyusun berbagai jenis protein. Dari 20 asam amino itu, tubuh kita mampu memproduksi 11 sendiri—tetapi 9 lainnya harus berasal dari sumber makanan.13

Untuk dikategorikan sebagai “protein lengkap”, suatu sumber protein harus mengandung 9 asam amino esensial yang perlu kita peroleh dari sumber makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya.

9 asam amino esensial tersebut adalah:

  • histidin
  • isoleusin
  • leusin
  • lisin
  • metionin
  • fenilalanin
  • treonin
  • triptofan
  • valin

Sumber protein yang tidak lengkap hilang atau rendah dalam satu atau lebih dari 9 asam amino esensial ini. Namun, protein tidak lengkap dapat menjadi pelengkap, artinya dua atau lebih sumber protein tidak lengkap dapat dimakan sepanjang hari untuk menyediakan semua asam amino esensial.

Berapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh Anda?

Protein sangat penting untuk kesehatan yang baik. Anda membutuhkannya untuk meletakkan daging di tulang Anda dan untuk membuat rambut, darah, jaringan ikat, antibodi, enzim, dan banyak lagi. Sudah umum bagi atlet dan binaragawan untuk mengonsumsi protein ekstra untuk menambah jumlah. Tetapi pesan yang sering kita terima adalah bahwa asupan protein harian kita terlalu tinggi.

Recommended Dietary Allowance (RDA) bagi protein yaitu sebanyak 0,8 gram protein sederhana per kilogram berat badan. RDA adalah jumlah nutrisi yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar Anda. Dalam arti tertentu, ini adalah jumlah minimum yang Anda perlukan agar tidak sakit, bukan jumlah spesifik yang harus Anda makan setiap hari.

Dalama menentukan asupan protein harian Anda yaitu dengan mengalikan berat badan Anda dalam kilogram dengan 0,36 atau gunakan kalkulator protein online. Bagi wanita usia 50 tahun dengan berat badan 63 kilogram dan tidak banyak bergerak atau tidak berolahraga berarti membutuhkan 53 gram protein sehari. 

Intinya pada fungsi protein bagi tubuh ini sangat penting, jadi Anda ingin mendapatkan setidaknya jumlah minimum yang disarankan, apapun yang terjadi. Jika Anda berolahraga, dapatkan sedikit lebih banyak dari itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *