Siapa Sangka Fungsi Karbohidrat Adalah Mencegah Timbulnya Penyakit?

Siapa Sangka Fungsi Karbohidrat Adalah Mencegah Timbulnya Penyakit?

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, banyak orang, khususnya pelaku diet, yang menghindari nutrisi ini agar berat badan mereka tetap terjaga. Padahal, fungsi karbohidrat adalah salah satunya menjadi sumber energi yang sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari – hari. 

Anda bisa menemukan karbohidrat pada banyak makanan, seperti nasi, roti, hingga kentang. Penting untuk diketahui, jenis karbohidrat ada tiga, yaitu dari gula, pati dan serat. Anda mungkin pernah mendengar bahwa karbohidrat buruk bagi tubuh. Namun nyatanya, karbohidrat menjadi bagian penting diet sehat.

Umumnya, karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Rata-rata, tubuh manusia mendapatkan sekitar 45-65% kalorinya dari karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks, yang bisa dikonsumsi dari makanan berserat seperti buah dan sayur.

Karbohidrat berfungsi sebagai makronutrien yang mana salah satu fungsi karbohidrat adalah bahan bakar energi yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat juga punya banyak fungsi positif lainnya, seperti

1. Menjadi sumber energi

Manfaat karbohidrat yang utama adalah menjadi sumber energi. Saat dicerna, karbohidrat akan berubah menjadi glukosa. Tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama. Perlu diingat, ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Molekul gula pada karbohidrat kompleks akan masuk ke dalam darah lebih lambat. Zat gizi protein dan lemak juga bisa menyuplai energi. Namun, karbohidrat lebih mampu menyediakan energi terbanyak per gramnya.

2. Mendukung fungsi otak

Glukosa dalam karbohidrat termasuk sumber makanan yang baik untuk fungsi otak. Otak merupakan organ tubuh yang paling bekerja keras, karena menggunakan sekitar 20 persen energi untuk bisa berfungsi. Oleh karena itu, karbohidrat sangat dibutuhkan dan baik untuk otak.

3. Mencegah timbulnya penyakit

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh, terutama kesehatan jantung. Namun, jenis karbohidrat kompleks, seperti makanan berserat, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dikutip dari penelitian, karbohidrat kompleks  yang kaya serat tidak meningkatkan gula darah seperti jenis karbohidrat lainnya.  Selain itu, serat juga sangat penting untuk mencegah diabetes, karena tidak memicu terjadinya lonjakan gula darah.

4. Mengontrol berat badan

Salah satu manfaat karbohidrat adalah untuk membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Karbohidrat kompleks dapat memberikan energi yang tahan lebih lama. Selain itu, proses pencernaannya juga lebih lama sehingga bisa menunda lapar dan menurunkan berat badan. Apalagi kalau Anda banyak mengonsumsi makanan berserat.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk makanan berserat bisa menyehatkan sistem pencernaan. Manfaat karbohidrat ini pastinya menguntungkan tubuh. Sebab, buang air besar menjadi lebih mudah sehingga terhindar dari diare. Selain itu, mengonsumsi karbohidrat dari makanan berserat, juga bisa menghindarkan Anda dari penyakit usus besar, misalnya divertikulitis.

6. Membantu otot tetap terjaga

Kegunaan karbohidrat dalam tubuh juga berhubungan dengan menjaga massa otot. Sebab, ketika tubuh kekurangan glukosa, otot akan dipecah menjadi asam amino, kemudian diubah menjadi glukosa atau senyawa lain, untuk menghasilkan energi. Jika hal ini terjadi, massa otot akan berkurang. Akibatnya, gerakan tubuh juga akan terdampak. 

Jika keenam fungsi karbohidrat sudah dirasakan tubuh, hidup sehat bukanlah sekadar impian lagi. Akan tetapi, Anda perlu tahu manfaat karbohidrat yang bisa dirasakan tubuh. Hal ini penting untuk mengukur karbohidrat yang diperlukan tubuh Anda.

Nah, itulah fungsi karbohidrat yang penting dan juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi bila Anda ingin atau sedang melakukan diet tetap memerlukan karbohidrat dan jangan menghilangkan atau menguranginya secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *