Bahan Alami Pengganti Produk Tipe Micellar Cleansing Water

micellar cleansing water

Membersihkan wajah adalah kegiatan yang tak boleh diabaikan selepas beraktivitas. Mengenai hal itu, saat ini banyak produk yang bisa dimanfaatkan, seperti berbagai macam merek micellar cleansing water atau pembersih wajah yang mayoritas kandungannya terdiri dari air. Akan tetapi, jika anda ingin mencoba hal baru, tidak ada salahnya pembaca menggunakan cara alami untuk membersihkan wajah. 

Berkenaan dengan hal tersebut, artikel ini akan membahas bahan alami apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Tentu saja, selain lebih hemat, bahan alami ini bisa kita jadikan juga sebagai alternatif pengganti produk micellar cleansing water

Lemon dan madu 

Perpaduan lemon dan madu ini bisa kita manfaatkan untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran, khususnya bagi anda yang kulitnya kusam baik karena debu atau terpapar sinar matahari. Dua bahan tersebut diketahui bisa diandalkan karena dapat melembabkan kulit. Di samping itu, madu dan lemon juga bisa membantu para penggunanya memiliki kulit yang lebih lembut. 

Dikutip dari berbagai sumber, khusus untuk wajah, air perasan lemon ini bisa berguna untuk membersihkan muka karena kaya akan vitamin C. Hal itu karena vitamin C diketahui merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik, tidak hanya dalam tubuh, tapi juga kulit. Sedangkan madu, sudah sejak lama dikenal sebagai bahan yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan sehingga bisa mencegah kulit wajah berjerawat. 

Adapun cara penggunaannya lemon dan madu sebagai pengganti produk micellar cleansing water adalah dengan mencampurkan madu asli dengan perasan air lemon. Madu yang dicampurkan ini banyaknya sekitar satu sendok makan. Setelah tercampur dan diaduk merata sampai kental, anda tinggal menggunakannya saja dengan cara mengoleskannya. Namun, jangan lupa untuk mendiamkannya kurang lebih selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat dan dilanjutkan pakai air dingin. 

Minyak zaitun 

Bahan berikutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah adalah minyak zaitun. Minyak yang satu ini bisa dikatakan dapat digunakan oleh semua jenis kulit, baik yang kering, berminyak, atau kulit yang mudah berjerawat. Bagi kulit wajah sendiri, minyak zaitun ini bisa menjadi pelembab dan menghaluskan kulit secara alami. 

Tentu saja manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan yang ada di dalam minyak zaitun. Minyak itu diketahui mengandung antioksidan dan lemak baik. Kedua kandungan itu diketahui memang bisa menangkal radikal bebas dan bagi kulit, bisa membantu mengatasi iritasi atau terbakar sinar matahari. 

Sebagai alternatif micellar cleansing water, minyak zaitun bisa digunakan dengan campuran satu sendok makan madu, sedikit perasan lemon, dan satu kuning telur. Setelahnya kita tinggal mengaduknya dan memastikan sudah merata sebelum kemudian dioleskan pada wajah seperti memakai masker. Selanjutnya, tinggal diamkan selama lima sampai sepuluh menit sebelum membilasnya. 

Minyak kelapa 

Selain bagus untuk rambut, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Adapun manfaat penggunaan minyak kelapa adalah mengurangi minyak berlebih pada muka, tapi tak menghilangkan minyak alaminya. Di samping itu, minyak kelapa juga bisa bermanfaat untuk mengatasi jerawat. 

Kendati demikian, minyak kelapa ini tidak bisa serta merta digunakan oleh semua jenis kulit. Sehingga, bagi anda yang kulitnya berminyak dan mudah berjerawat disarankan menggunakan bahan alami lain atau pakai produk micellar cleansing water. 

Demikian penjelasan ringkas mengenai bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Tentu bahan-bahan itu dipilih atas pertimbangan mudah didapatkan, meskipun masih ada pula bahan alami yang memiliki manfaat sama. 

Akan tetapi, kita perlu sadari bersama bahwa penggunaan bahan alami untuk wajah bisa saja menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, meski bisa dijadikan sebagai alternatif produk kategori micellar cleansing water, kita juga harus tetap bijak dalam penggunaan bahan alami sebagai pembersih wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *